Selasa, 11 November 2014

PENGERTIAN SSH ( SECURE SHELL ) SECARA LUAS

wanita-bingung130513bssh 



APA ITU SSH ???
Sering kita dengar yang namanya SSH atau mungkin kawan-kawan juga sudah pernah mencoba menggunakan SSH, tapi tahukah kawan-kawan apa itu SSH ?
Secure Shell Host atau SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Terutama banyak digunakan pada sistem berbasis Linux dan Unix untuk mengakses akun shell, SSH dirancang sebagai pengganti Telnet dan shell remote tak aman lainnya, yang mengirim informasi, terutama kata sandi, dalam bentuk teks sederhana yang membuatnya mudah untuk dicegat. Enkripsi yang digunakan oleh SSH menyediakan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman seperti Internet
Ulasan lebih lanjut tentang SSH dan sejarahnya dapat dilihat disini.
Pertama saya mencoba mengunakan SSH karna keingintahuan saya tentang SSH yang dapat memanfaatkan provider untuk berinternet tanpa kuota atau pulsa (GRATIS).
Istilah gratis mungkin cukup melebih-lebihkan karna bagi para pengguna SSH harus membeli akun SSH yang perbulan 20-30Rb, tapi cukup murah dibandingkan dengan kita berlangganan data dari provider yang harganya cukup tinggi tapi masih menggunakan sistem kuota, walaupun ada yang bebas kouta tentunya pasti bila telah mencapai jumlah data yang telah ditentukan speed akan di turunkan ,dan koneksi kita pun menjadi sangat lamban.
Apakah SSH = Internet Gratis ??
SSH = Gratis ? bisa ya bisa tidak, karena tujuan utama SSH digunakan untuk mengamankan data dengan mengubah data asli kedalam bentuk unicode dengan aturan tertentu, adapun bisa untuk internet gratis tapi tak selamanya lancar dan tak selamanya bisa, apalagi semenjak maraknya ssh dimanfaatkan untuk internetan gratis pasti akan membuat provider seluler mengencangkan ikat pinggang dengan menutup bugs atau celah yg bisa dimanfaatkan untuk internetan gratis via SSH, ya tapi beginilah dunia Phreaker semakin susah menembus semakin gencar mereka membuat tools Phreaker.
Sedikit sejarah tentang Fungsi SSH
SSH adalah aplikasi pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan rlogin, yang jauh lebih aman. Dikembangkan pertamakali oleh OpenBSD project dan kemudian versi rilis p (port) di-manage oleh team porting ke sistem operasiLinux. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. Bentuk akses remote yang bisa diperoleh adalah akses pada mode teks maupun mode grafis/X apabila konfigurasinya mengijinkan. scp yang merupakan anggota keluarga ssh adalah aplikasi pengganti rcp yang aman, keluarga lainnya adalah sftp yang dapat digunakan sebagai pengganti ftp. lainnya, termasuk sistem operasiDengan SSH, semua percakapan antara server dan klien di-enkripsi. Artinya, apabila percakapan tersebut disadap, penyadap tidak mungkin memahami isinya. Bayangkan seandainya Anda sedang melakukan maintenance server dari jauh, tentunya dengan account yang punya hak khusus, tanpa setahu Anda, account dan password tersebut disadap orang lain, kemudian server Anda diobrak-abrik setelahnya.
Lebih jauh lagi, SSH memungkinkan kita mengamankan koneksi dari pembajakan (Anda sedang terhubung sebagai root ke server, tiba-tiba di tengah jalan ada sabotase, yang tanpa perlu tahu username maupun password Anda bisa langsung melanjutkan sesi Anda yang sedang aktif, dan tentu saja dengan hak sebagai root).
Implementasi SSH yang banyak dipakai saat ini adalah OpenSSH http://www.openssh.org/. Aplikasi ini telah di-port ke berbagai distro Linux. Tinggal diinstall saja tanpa Anda harus compile dari source.
Bila memungkinkan, anda dianjurkan untuk menggunakan protocol versi 2 (dua) dari SSH. Karena SSH2 menyediakan mekanisme enkripsi yang lebih baik sehingga setiap sesi remote login anda lebih terjaga kerahasiannya
Tahukah kita bagaimana cara kerja SSH ??
bagaimana internet gratis tersebut bisa tercipta dengan sebuah software yang diciptakan para pakar IT anak negeri. Langkah tersebut jika saya katakan merupakan sebuah hacking sistem dari sebuah provider, para pakai IT tersebut memanfaatkan port-port yang tersedia pada sebuah provider dan belum dimanfaatkan oleh konsumen provider tersebut, melalui port tersebut sebuah aplikasi mengirimkan sinyal untuk melakukan kontak dan terhubung pada jaringan utama yang dimiliki provider tersebut. Bisa dikatakan merupakan hack yang berhasil menerobos sistem keamanan jaringan sebuah provider.

Kelebihan dan Kekurangan SSH

Kelebihan
  1. Kita bisa mendapatkan akses internet Unlimited.
  2. Kita bisa berinternet dengan aman, karena IP teman-teman tidak ditampilkan melainkan IP  akan  berubah menjadi IP server (IP Statis).
  3. Membuka semua website/url yang diblokir oleh Operator/Provider
  4. Koneksi Lebih cepat dengan Qos yang lebih besar
  5. Lebih murah di banding berlangganan data dari provider.
Kekurangan
Dari semua kelebihan di atas SSH juga masih mempunyai kekurangan
  1. Trik tidak selamanya bisa
  2. Tidak semua Provider bisa menggunakan SSH ( tergantung bug )
  3. Tidak bisa download torrent (baik melalui Utorrent, bittorent dll.)
  4. Akses cepat untuk server luar, tapi lambat untuk akses server lokal.
Yak itulah penjelasannya, semoga bisa menambah Wawasan kita semua . jika masih ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan Komentar dibawah ...

1 komentar: